Skip to main content

Fungsi, Tugas dan Tujuan Public Relation

1.  Fungsi Public Relation 
Public Relation merupakan bagian dari organisasi yang berfungsi untuk menjaga dan membina hubungan baik antara instansi dengan masyarakat umum atau publik besrta dengan konsumenya. Public Relation  juga menjaga hubungan baik internal perusahaan, yaitu mencoba menjaga hubungan baik  antara semua pegawai  kerja dan karyawan baik dari top manajemen hingga pegawai dengan status pangkat paling rendah di perusahaan tersebut. Fungsi dasar dari  Public Relation  adalah membentuk dan membina hubungan baik, dengan terciptanya hubungan yang baik maka, akan terciptalah kinerja dan kualitas kerja yang baik guna mencapai keuntungan bagi inst itusi tersebut. Dalam  Elvinaro&  Soemirat  (2003 : 87) 

Public Relation dikatakan berfungsi dalam suatu organisasi atau lembaga apabila Public Relation tersebut telah menunjukkan suatu kegiatan yang jelas dan dapat dibedakan dari kegiatan lainya. 

Menurut Bertrand R. Canfield dalam Lubis (2001 : 20),  ada  tiga fungsi Public Relation, yaitu : 
  1. Mengabdi kepada kepentingan umum (it should serve the public interest) 
  2. Memelihara hubungan yang baik (maintian good communication) 
  3. Menitik beratkan moral dan  tingkah laku yang baik  (stress good morals dan manners). 

Fungsi utama dari Public Relation Menurut Anne Can Der Meiden  dalam Rumanti (2002 : 204). 
  1. Menumbuhkan, mengembangkan hubungan baik antara organisasi perusahaan dengan publiknya baik internal maupun eksternal. 
  2. Menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi, dan meningkatkan partisipasi publik. 
  3. Menciptakan  opini publik  yang menguntungkan organisasi/perusahaan dan publik. 

Menurut Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy, M.A. dalam Ruslan      (2005 : 9)  fungsi Public Relation Officer (PRO) ketika menjalankan tugas-tugas dan operasionalnya, baik sebagai komunikator dan mediator, maupun organisator adalah :
  • Menunjang  kegiatan manajemen dalam mencapai tujuan organisasi 
  • Membina hubungan harmonis antara organisasi dengan publik internal dan eksternal. 
  • Menciptakan komunikasi dua arah dengan menyebarkan informasi dari organisasi kepada publiknya dan menyalurkan opini publik kepada organisasinya 
  • Melayani publik dan menasehati pimpinan organisasi demi kepentingan umum. 
  • Operasionalisasi dan organisasi  Public Relation  dalah bagaimana membina hubungan harmonis antar organisasi dengan publiknyan untuk mencegah terjadinya rintangan psikologis yang ditimbulkan dari pihak organisasi maupun dari pihak publiknya.  

Dari uraian diatas, dapat ditarik kesimpulan mengenai peran utama Public Relation yang pada intinya adalah sebagai berikut : 
  • Sebagai communicator atau penghubung antara organisasi atau lembaga yang diwakili dengan publiknya. 
  • Membina Relationship, yaitu berupaya membina hubungan yang positif dan saling menguntungkan dengan pihak publiknya. 
  • Peranan  back up management, yakni sebagai pendukng dalam fungsi manajemen organisasi atau perusahaan. 
  • Membentuk corporate image, artinya peranan Public Relation berupaya menciptakan citra bagi organisasi atau lembaganya. 
Secara sederhana dan singkat dapat dikatakan bahwa fungsi  Public Relation  adalah untuk menghubungkan publik atau pihak yang berkepentingan didalam atau diluar perusahaan, karen Public Relation turut menjalankan fungsi manajemen. 

Didalam suatu perusahaan/instansi, pimpinan selalu mengalami berbagai macam masalah dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari. Oleh karena itu tiap-tiap bagian mempunyai tugas masing-masing untuk  mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Berikut Fungsi  Public Relation  

  1. Menumbukan rasa bangga dan citra perusahaan yang menguntungkan 
  2. Mensosialisasi kebijakan / program dalam memproduksikan layanan 
  3. Menanamkan pengertian dan menciptakan kerja sama dengan karyawan/publik 
  4. Meredam dan menetralkan isu-isu  
  5. Menciptakan kerja sama dengan badan /lembaga/instansi terkait dan pemerintah. 
  6. Menciptakan komunikasi yang harmonis disalam organisasi dan unitnya. 
  7. Mendeteksi masalah dalam keuangan 
  8. Mendorong persiapan SDM yang cakap dan profesional. 

Comments

  1. Saya tidak bisa menutup rumah pertama saya tanpa Tuan Pedro! Pedro dan timnya melampaui dan melampaui saya dalam transaksi ini. Dia menangani waktu penyelesaian saya yang sangat ketat dengan mudah dan selalu tersedia untuk saya ketika saya memiliki pertanyaan (dan saya punya banyak pertanyaan), bahkan ketika dia jauh dari kantor, yang sangat saya hargai! Dia dan timnya menangani banyak pertengkaran di menit-menit terakhir dengan penjual dan bekerja tanpa lelah untuk memastikan bahwa saya dapat menutup sebelum masa sewa saya (dan bantuan uang muka saya, dalam hal ini) berakhir. Tuan Pedro adalah Petugas Pinjaman yang sangat berpengetahuan, sopan, dan sabar. Saya melewati beberapa penawaran properti sebelum pembelian terakhir saya, dan Pedro ada di sana untuk membantu setiap penawaran, sering kali berkoordinasi dengan agen saya di belakang layar. Saya merasa didukung sepanjang seluruh proses. Berkat Pedro dan upaya tak kenal lelah timnya, saya sekarang menjadi pemilik rumah yang bangga! Saya akan mendorong Anda untuk mempertimbangkan Pedro dan perusahaan pinjamannya untuk segala jenis pinjaman.

    # Pinjaman mobil

    # Pinjaman rumah

    # Pinjaman bisnis

    # Pinjaman pribadi



    Tuan, Pedro Penawaran Pinjaman

    Email- pedroloanss@gmail.com.

    Atau WhatsApp: +18632310632

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tugas-Tugas Public Relation

Inti tugas  Public Relation  adalah sinkornisasi  antara informasi dari perusahan dengan reaksi dan tanggapan publik sehingga mencapai suasana akrab, saling mengerti, dan muncul suasana yang menyenangkan dalam interaksi perusaahaan  dengan publik. Penyesuaian yang menciptakan hubungan yang harmonis dimana satu sama lain saling memberi dan menerima hal-hal yang bisa menguntungkan kedua belah pihak.(Suhandang : 2004 : 73)  Menurut Astrid S. Sutanto mengutip pendapat Cutlip  & Center dalam  Kusumastuti (2004 : 26) tugas Public Relation perusahaan adalah :  Mendidik  suatu publik  melalui kegiatan non profit  untuk menggunakan barang/jasa instansinya.  Mengadakan usaha untuk mengatasi salah paham antara instansi dengan publik.  Meningkatkan penjualan barang dan jasa.  Meningkatkan kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan kegiatan masyarakat sehari-hari.  Mendidik dan meningkatkan tuntutan serta kebut...

Ruang Lingkup Public Relation

Hubungan masyarakat atau yang sering disebut dengan humas dalam pelaksanaannya memiliki ruang lingkup yang wajib diketahui oleh para praktisi humas. Ruang lingkup humas diperlukan agar dalam menjalankan kewajibannya sebagai humas, seorang humas menyadari kedudukannnya serta apa saja yang menjadi wewenangnya. Karena tidak semua hal menjadi wewenang humas. Tapi ada pih a k lain juga yang terlibat. Jangan sampai ada pihak lain yang merasa terlangkahi oleh langkah seorang humas dalam menjalani ruang lingkup humas.  Untuk itu seorang humas baik sebagai akademisi maupun praktisi hendaknya memahami ruang lingkup humas. Ruang lingkup humas dapat dijadikan pedoman setiap kali ia merasa sudah mulai keluar dari jalurnya. Ruang lingkup tugas humas dalam suatu organisasi/lembaga dibagi menjadi dua   seperti yang dipaparkan Ruslan  (2012:23), yakni membina hubungan kedalam dan membina hub u ngan keluar. Membina hubungan ke dalam berarti pihak humas harus dapat membina komunikasi y...