1. Fungsi Public Relation
Public Relation merupakan bagian dari organisasi yang berfungsi untuk menjaga dan membina hubungan baik antara instansi dengan masyarakat umum atau publik besrta dengan konsumenya. Public Relation juga menjaga hubungan baik internal perusahaan, yaitu mencoba menjaga hubungan baik antara semua pegawai kerja dan karyawan baik dari top manajemen hingga pegawai dengan status pangkat paling rendah di perusahaan tersebut. Fungsi dasar dari Public Relation adalah membentuk dan membina hubungan baik, dengan terciptanya hubungan yang baik maka, akan terciptalah kinerja dan kualitas kerja yang baik guna mencapai keuntungan bagi inst itusi tersebut. Dalam Elvinaro& Soemirat (2003 : 87)
Public Relation dikatakan berfungsi dalam suatu organisasi atau lembaga apabila Public Relation tersebut telah menunjukkan suatu kegiatan yang jelas dan dapat dibedakan dari kegiatan lainya.
Menurut Bertrand R. Canfield dalam Lubis (2001 : 20), ada tiga fungsi Public Relation, yaitu :
- Mengabdi kepada kepentingan umum (it should serve the public interest)
- Memelihara hubungan yang baik (maintian good communication)
- Menitik beratkan moral dan tingkah laku yang baik (stress good morals dan manners).
Fungsi utama dari Public Relation Menurut Anne Can Der Meiden dalam Rumanti (2002 : 204).
- Menumbuhkan, mengembangkan hubungan baik antara organisasi perusahaan dengan publiknya baik internal maupun eksternal.
- Menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi, dan meningkatkan partisipasi publik.
- Menciptakan opini publik yang menguntungkan organisasi/perusahaan dan publik.
Menurut Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy, M.A. dalam Ruslan (2005 : 9) fungsi Public Relation Officer (PRO) ketika menjalankan tugas-tugas dan operasionalnya, baik sebagai komunikator dan mediator, maupun organisator adalah :
- Menunjang kegiatan manajemen dalam mencapai tujuan organisasi
- Membina hubungan harmonis antara organisasi dengan publik internal dan eksternal.
- Menciptakan komunikasi dua arah dengan menyebarkan informasi dari organisasi kepada publiknya dan menyalurkan opini publik kepada organisasinya
- Melayani publik dan menasehati pimpinan organisasi demi kepentingan umum.
- Operasionalisasi dan organisasi Public Relation dalah bagaimana membina hubungan harmonis antar organisasi dengan publiknyan untuk mencegah terjadinya rintangan psikologis yang ditimbulkan dari pihak organisasi maupun dari pihak publiknya.
Dari uraian diatas, dapat ditarik kesimpulan mengenai peran utama Public Relation yang pada intinya adalah sebagai berikut :
- Sebagai communicator atau penghubung antara organisasi atau lembaga yang diwakili dengan publiknya.
- Membina Relationship, yaitu berupaya membina hubungan yang positif dan saling menguntungkan dengan pihak publiknya.
- Peranan back up management, yakni sebagai pendukng dalam fungsi manajemen organisasi atau perusahaan.
- Membentuk corporate image, artinya peranan Public Relation berupaya menciptakan citra bagi organisasi atau lembaganya.
Secara sederhana dan singkat dapat dikatakan bahwa fungsi Public Relation adalah untuk menghubungkan publik atau pihak yang berkepentingan didalam atau diluar perusahaan, karen Public Relation turut menjalankan fungsi manajemen.
Didalam suatu perusahaan/instansi, pimpinan selalu mengalami berbagai macam masalah dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari. Oleh karena itu tiap-tiap bagian mempunyai tugas masing-masing untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Berikut Fungsi Public Relation
- Menumbukan rasa bangga dan citra perusahaan yang menguntungkan
- Mensosialisasi kebijakan / program dalam memproduksikan layanan
- Menanamkan pengertian dan menciptakan kerja sama dengan karyawan/publik
- Meredam dan menetralkan isu-isu
- Menciptakan kerja sama dengan badan /lembaga/instansi terkait dan pemerintah.
- Menciptakan komunikasi yang harmonis disalam organisasi dan unitnya.
- Mendeteksi masalah dalam keuangan
- Mendorong persiapan SDM yang cakap dan profesional.
Saya tidak bisa menutup rumah pertama saya tanpa Tuan Pedro! Pedro dan timnya melampaui dan melampaui saya dalam transaksi ini. Dia menangani waktu penyelesaian saya yang sangat ketat dengan mudah dan selalu tersedia untuk saya ketika saya memiliki pertanyaan (dan saya punya banyak pertanyaan), bahkan ketika dia jauh dari kantor, yang sangat saya hargai! Dia dan timnya menangani banyak pertengkaran di menit-menit terakhir dengan penjual dan bekerja tanpa lelah untuk memastikan bahwa saya dapat menutup sebelum masa sewa saya (dan bantuan uang muka saya, dalam hal ini) berakhir. Tuan Pedro adalah Petugas Pinjaman yang sangat berpengetahuan, sopan, dan sabar. Saya melewati beberapa penawaran properti sebelum pembelian terakhir saya, dan Pedro ada di sana untuk membantu setiap penawaran, sering kali berkoordinasi dengan agen saya di belakang layar. Saya merasa didukung sepanjang seluruh proses. Berkat Pedro dan upaya tak kenal lelah timnya, saya sekarang menjadi pemilik rumah yang bangga! Saya akan mendorong Anda untuk mempertimbangkan Pedro dan perusahaan pinjamannya untuk segala jenis pinjaman.
ReplyDelete# Pinjaman mobil
# Pinjaman rumah
# Pinjaman bisnis
# Pinjaman pribadi
Tuan, Pedro Penawaran Pinjaman
Email- pedroloanss@gmail.com.
Atau WhatsApp: +18632310632