Skip to main content

Ruang Lingkup Public Relation

Hubungan masyarakat atau yang sering disebut dengan humas dalam pelaksanaannya memiliki ruang lingkup yang wajib diketahui oleh para praktisi humas. Ruang lingkup humas diperlukan agar dalam menjalankan kewajibannya sebagai humas, seorang humas menyadari kedudukannnya serta apa saja yang menjadi wewenangnya. Karena tidak semua hal menjadi wewenang humas. Tapi ada pihak lain juga yang terlibat. Jangan sampai ada pihak lain yang merasa terlangkahi oleh langkah seorang humas dalam menjalani ruang lingkup humas. Untuk itu seorang humas baik sebagai akademisi maupun praktisi hendaknya memahami ruang lingkup humas. Ruang lingkup humas dapat dijadikan pedoman setiap kali ia merasa sudah mulai keluar dari jalurnya.

Ruang lingkup tugas humas dalam suatu organisasi/lembaga dibagi menjadi dua seperti yang dipaparkan Ruslan (2012:23), yakni membina hubungan kedalam dan membina hubungan keluar. Membina hubungan ke dalam berarti pihak humas harus dapat membina komunikasi yang baik terhadap pihak internal perusahaan/organisasi. Seorang humas harus mampu mengidentifikasi atau mengenali hal hal yang menimbulkan gambaran negatif di dalam masyarakat, sebelum kebijakan itu dijalankan oleh organisasi. Dalam hal ini, seorang humas menjadi PR untuk orang orang dalam instansi atau perusahaan tersebut, tentunya sesuai dengan jabatan atau kedudukannya masing-masing. Hal ini disesuaikan dengan sifat, jenis, atau karakteristik dari organisasi itu sendiri. Untuk menjalin hubungan dengan para pekerja caranya dengan berkomunikasi dengan mereka secara pribadi untuk mengetahui apa yang mereka inginkan atau bahkan yang mereka keluhkan dalam pekerjaannya yang dapat menghambat kemajuan perusahaan.

Untuk menjalin hubungan dengan para stockholder atau para pemegang saham yang telah membantu perusahaan atau instansi tetap bertahan, hubungan yang terjadi haruslah hubungan yang sangat baik. Tidak peduli besar atau kecil saham meraka. Caranya adalah dengan memberikan selamat kepada para pemegang saham yang baru agar mereka merasa dianggap dan dihargai oleh perusahaan atau instansi kita. Selalu memberikan laporan perkembangan perusahaan secara berkala agar mereka mendapatkan informasi perkembangan sahamnya dengan baik. Setelah itu juga bisa dengan mengirimkan majalah perusahaan agar mereka mengetahui informasi – informasi terbaru dalam perusahaan atau juga majalah ekstern yang juga memberitakan tentang perkembangan perusahaan atau instansi. Dan mengadakan pertemuan –pertemuan agar tercipta hubungan yang harmonis, adanya saling pengertian dan peningkatan kepercayaan para pemegang saham.

Untuk membina hubungan keluar ruang lingkup humas ini mencakup tugas seorang humas dalam menjaga hubungan baik dengan pihak luar.  Mengusahakan tumbuhnya sikap dan gambaran publik yang positif terhadap lembaga yang diwakilinya. Bentuk bentuk hubungannya adalah perss relations, Government relations, Comunity relations, customer relations dan consumer relations. Ruang lingkup humas dengan perss meliputi pers room, pers reception, dan adanya pers tour. Ruang lingkup dengan  Government adalah dengan menjaga hubungan baik dengan pemerintah hal ini diperlukan Karena akan banyak sekali kepentingan – kepentingan yang didalamnya terdapat peran pemerintah. Salah satu caranya dengan mensponsori kegiatan – kegiatan pemerintahan.

Sasaran kegiatan humas adalah publik, yaitu sekelompok individu yang memiliki kepentingan yang sama terhadap sesuatu hal. Dalam konteks suatau lembaga maka publiknya adalah kelompok individu yang berkepentingan terhadap lembaga tersebut dan juga sebaliknya lembaga berkepentingan terhadap mereka. Dengan demikian suatu lembaga akan memiliki banyak publik, sehingga, dibutuhkan kegiatan humas yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Dengan adanya kegiatan yang dirancang oleh seorang humas, suatu organisasi/lembaga diharapkan bisa membangun sebuah image positif terhadap masyarakat sekitar. Yang nantinya suatu tujuan yang telah dirancang sebelumnya dapat tercapai dengan maksimal.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas-Tugas Public Relation

Inti tugas  Public Relation  adalah sinkornisasi  antara informasi dari perusahan dengan reaksi dan tanggapan publik sehingga mencapai suasana akrab, saling mengerti, dan muncul suasana yang menyenangkan dalam interaksi perusaahaan  dengan publik. Penyesuaian yang menciptakan hubungan yang harmonis dimana satu sama lain saling memberi dan menerima hal-hal yang bisa menguntungkan kedua belah pihak.(Suhandang : 2004 : 73)  Menurut Astrid S. Sutanto mengutip pendapat Cutlip  & Center dalam  Kusumastuti (2004 : 26) tugas Public Relation perusahaan adalah :  Mendidik  suatu publik  melalui kegiatan non profit  untuk menggunakan barang/jasa instansinya.  Mengadakan usaha untuk mengatasi salah paham antara instansi dengan publik.  Meningkatkan penjualan barang dan jasa.  Meningkatkan kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan kegiatan masyarakat sehari-hari.  Mendidik dan meningkatkan tuntutan serta kebut...

Sejarah dan Perkembangan Public Relations

Humas kependekan dari hubungan masyarakat. Hal ini seringkali disederhanakan sebagai sebuah terjemahan dari istilah  Public Relations  (PR). Sebagai ilmu pengetahuan, PR masih relatif baru bagi masyarakat Indonesia. PR sendiri merupakan gabungan berbagai imu dan termasuk dalam jajaran ilmu-ilmu sosial seperti halnya ilmu politik, ekonomi, sejarah, psikologi, sosiologi, komunikasi dan lain-lain. Dalam kurun waktu 100 tahun terakhir ini PR mengalami perkembangan yang sangat cepat.  Namun perkembangan PR dalam setiap negara itu tak sama baik bentuk maupun kualitasnya.Proses perkembangan PR lebih banyak ditentukan oleh situasi masyarakat yang kompleks. PR merupakan pendekatan yang sangat strategis dengan menggunakan konsep-konsep komunikasi (Kasali, 2005:1). Di masa mendatang PR diperkiraan akan mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Pemerintah AS mempekerjakan 9000 karyawan di bidang komunikasi yang ditempatkan di United States Information Agency.    Perkemb...