Skip to main content

Serba-serbi Public Relations

Komunikasi dan Public Relations  
Pada dasarnya pekerjaan PR dapat dikategorikan sebagai bagian dari kegiatan komunikasi. 
Definisi Komunikasi 
Proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan melalui media yang menimbulkan efek tertentu. 
Proses komunikasi terbagi menjadi dua tahap:
  • Proses komunikasi secara primer (langsung) adalah proses penyampaian pesan yang dilakukan dengan tatap muka.
  • Proses komunikasi secara sekunder (tak langsung) adalah proses penyampaian pesan yang dilakukan dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media kedua. Seperti surat, telepon, teleks, surat kabar, majalah, radio, televisi, film, dan lain-lain.   
Kunci sukses berkomunikasi 
Komunikasi akan berhasil apabila pesan yang disampaikan oleh komunikator cocok dengan kerangka acuan (frame of reference), yakni paduan pengalaman dan pengertian (collection of experiences and meanings) yang pernah diperoleh komunikan. 
Tentang Public Relations  
PR, singkatan dari public relations mempunyai tambahan “s” dalam kata “relations” yang mengindikasikan pengertian jamak. Artinya setiap hubungan dan komunikasi yang terjadi haruslah bersifat timbal balik. Ia tidak hanya searah saja. 
PR tidak membodohi 
PR juga bukan sebuah fungsi yang semata-mata digunakan untuk membela nama baik perusahaan. Lebih dari itu, bertujuan untuk meningkatkan kualitas hubungan antara pihak-pihak yang terkait dengan perusahaan.  
Transparan 
Transparansi berguna untuk mensosialisasikan informasi yang ingin disampaikan. Jika kita ingin mendapatkan tanggapan dan respon yang positif dan kontribusi dari orang lain maka tidak ada cara lain yang harus dilakukan selain jujur dan transparan dalam berkomunikasi. 
Kedudukan PR
Menurut IPRA (International Public Relations Associations) menegaskan. Bahwa fungsi PR harus diposisikan secara langsung berdekatan dengan manajemen. Atau dengan kata lain menjadi staf manajemen puncak. Demikian juga dengan PR Officer harus berada dalam jajaran direksi.  
Kiat PR Mengembangkan Usaha
  • Mencari tahu Apa yang Kita Mau
  • Membuat Kuesioner
  • Meramal dari Jawaban
  • Memilih Bentuk Acara PR
  • Memberi nama Proyek PR
  • Membuat Porposal yang Menjual 
  • Mencari Mitra Kerjasama 
  • Libatkan Wartawan 
  • Libatkan Pelanggan
  • Laporan  
Keterangan: 
Mencari tahu Apa yang Kita Mau
Langkah ini adalah langkah pertama yang menentukan langkah selanjutnya. Kita mencari tahu dengan membuat pertanyaan dan mencoba menemukan jawabannya.  Membuat pertanyaan detail : tentu, dalam dunia bisnis, kita tahu bahwa kita mau menambah pelanggan yang berarti akan akan menambah keutungan.   
Membuat Kuesioner
Kuesioner adalah pertanyaan yang kita gunakan jika ingin mengetahui suatu data apa yang sesuai dengan publik. Tahapannya :
  • Memunculkan Pertanyaan yang fokus. 
  • Untuk mengembangkan pertanyaan tersebut tidak lupa mencantumkan 5W + 1H yakni What, Who, Where, When, Why, dan How. 
  • Menentukan model kuesioner : Issian, pilihan, atau wawancara 
Meramal dari jawaban 
Dari hasil kuesioner yang telah kita sebarkan akhirnya kita bisa meramal jawaban apa yang akan dipakai untuk menemukan solusinya. Dengan beberapa tahapan sebagai berikut :
  • Inventarisasi masalah 
  • Penggolongan masalah 
  • Membuat pohon masalah
  • Menentukan akar masalah
  • Mendapatkan premis  
Memilih Bentuk Acara PR
Salah satu langkah yang bisa kita contoh dari bisnis-bisnis besar adalah keberanian mereka membangun citra. Tentu ada upaya dan dana besar. Dan itu bisa diwujudkan dalam sebuah pemilihan acara yang tepat.  Ada tiga jenis acara yang di bagi menurut suasana yakni : Acara santai, Acara formal dan Acara semi formal
Memberi nama Proyek PR
Tidak heran bila keberhasilan sebuah proyek juga ditentukan dari bagus tidaknya nama yang kita berikan. Dengan pemberian nama yang tepat maka itu akan mempengaruhi sebagian besar proyek kita berhasil dan tidak.  
Membuat proposal yang menjual 
Prosesnya sama seperti kita membuat proposal pada umumnya. Sebab proposal adalah pegangan kita semua untuk menjalankan suatu proyek. 
Mencari Mitra Kerjasama 
Seperti kata pepatah mengangkat sebuah batu besar akan lebih mudah dilakukan banyak orang daripada satu orang. Salah satu pihak yang sering disebut-sebut dalam penyelenggaraan acara PR adalah Sponsor. 
Libatkan Wartawan
Untuk berhubungan dengan media massa kita harus mengenal dulu berapa jenis media. Misalkan berdasar coverage distribusnya: Media internasional, NasionalRegional atau Media Lokal dan Media Komunitas 
Kiat Menulis Press Release  
  • Membuat acara kita menonjol di tengah acara lainnya. 
  • Mempertentangkan. Dengan adanya pertentangan dengan hal di sekitar kita maka di sana pasti ada unsur yang menarik perhatian.
  • Mengutamakan masyarakat sama dengan membuat citra kita naik di mata publik. 
  • Mengejutkan . Usaha ini penting dilakukan agar wartawawan memberi perhatian pada press release kita. Jadikan hal yang mengejutkan ini sebagai daya tarik utama lewat Head Press Release kita.
  • Mengandung hal baru
  • Menghadirkan pihak yang kompeten
  • Menimbulkan keingintahuan.  
Proses kirim Press Release
  • Singkat, padat dan jelas jangan sampai lebih dari 2 lembar HVS.
  • Lengkapi alamat dan nomor telepon sehingga memudahkan wartawan yang ingin menghubungi kita. 
  • Lampirkan tiket atau undangan gratis sehingga wartawan harus membayar jika hendak datang.
  • Sertakan juga berkas publikasi seperti poster, leaflet yang menambah ketertarikan wartawan. 
  • Konfirmasi sehari sebelum acara untuk mengingatkan semua wartawan yang kita undang. Mereka meliput lebih dari 1 berita setiap hari. Maka sebagai usaha PR yang baik kita wajib mengingatkan.
  • Selain menyerahkan langsung ke kantor redaksi lebih baik kalo kita juga menyerahkan soft copy-nya dalam e-mail. 
Libatkan pelanggan
Selain melibatkan wartawan dari media luar, kita sebenarnya bisa melakukan upaya PR melalui media lain. Kali ini media yang kita rancang adalah jenis media yang menghubungkan seluruh pihak dalam lingkungan PR internal dan eksternal. Media ini bisa dikatakan sebagai media pendukung kegiatan PR seperti majalah dinding, mailing list, tabloid, buletin, kartu pos, photo boardmessage board. 
Evaluasi  
Langkah terakhir ini penting untuk dijadikan pegangan maupun pedoman langkah kita selanjutnya. Untuk itu langkah ini disebut sebagai langkah evaluasi. Cara-caranya :
  • Melakukan evaluasi umum terlebih dahulu.
  • Catat kesalahan di tiap bidang atau tahap.
  • Catat penyelesaian.
  • Catat keberhasilan di tiap bidang.
  • Catat penyebab keberhasilan. 
  • Klasifikasikan file.
  • Lengkapi dengan dokumentasi.

Comments

Popular posts from this blog

Tugas-Tugas Public Relation

Inti tugas  Public Relation  adalah sinkornisasi  antara informasi dari perusahan dengan reaksi dan tanggapan publik sehingga mencapai suasana akrab, saling mengerti, dan muncul suasana yang menyenangkan dalam interaksi perusaahaan  dengan publik. Penyesuaian yang menciptakan hubungan yang harmonis dimana satu sama lain saling memberi dan menerima hal-hal yang bisa menguntungkan kedua belah pihak.(Suhandang : 2004 : 73)  Menurut Astrid S. Sutanto mengutip pendapat Cutlip  & Center dalam  Kusumastuti (2004 : 26) tugas Public Relation perusahaan adalah :  Mendidik  suatu publik  melalui kegiatan non profit  untuk menggunakan barang/jasa instansinya.  Mengadakan usaha untuk mengatasi salah paham antara instansi dengan publik.  Meningkatkan penjualan barang dan jasa.  Meningkatkan kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan kegiatan masyarakat sehari-hari.  Mendidik dan meningkatkan tuntutan serta kebut...

Ruang Lingkup Public Relation

Hubungan masyarakat atau yang sering disebut dengan humas dalam pelaksanaannya memiliki ruang lingkup yang wajib diketahui oleh para praktisi humas. Ruang lingkup humas diperlukan agar dalam menjalankan kewajibannya sebagai humas, seorang humas menyadari kedudukannnya serta apa saja yang menjadi wewenangnya. Karena tidak semua hal menjadi wewenang humas. Tapi ada pih a k lain juga yang terlibat. Jangan sampai ada pihak lain yang merasa terlangkahi oleh langkah seorang humas dalam menjalani ruang lingkup humas.  Untuk itu seorang humas baik sebagai akademisi maupun praktisi hendaknya memahami ruang lingkup humas. Ruang lingkup humas dapat dijadikan pedoman setiap kali ia merasa sudah mulai keluar dari jalurnya. Ruang lingkup tugas humas dalam suatu organisasi/lembaga dibagi menjadi dua   seperti yang dipaparkan Ruslan  (2012:23), yakni membina hubungan kedalam dan membina hub u ngan keluar. Membina hubungan ke dalam berarti pihak humas harus dapat membina komunikasi y...

Pengertian Public Relation Fungsi, Tugas dan Tujuan Definisi Menurut Para Ahli

Pengertian Public Relation  - Untuk mengetahui defines Public Relations, kita awali dari era  Ivi Lee pada tahun 1906. Ivi lee tercatat sebagai penyandang profesi public Relation Officer pertama di Amerika Serikat dan dengan keberhasilanya mengatasi berbagai persoalan krisis yang menimpa beberapa perusahaan di Amerika Serikat pada waktu itu melalui kiat dan  strategy of public relation tersebut, maka namanya diangkat sebagai “Bapak Hubungan Masyarakat” abad ini. Sejak saat itulah masyarakat menjadi tahu keberadaan dan manfaat profesi kehumasan melalui hasil karya gemilangnya di bidang Public Relation.(Ruslan : 2005 : 5) Banyak yang mengira bahwa Public Relation hanyalah kegiatan-kegiatan yang tampak, tetapi kenyataanya kegiatan yang tampak oleh publik justru hanya satu tahap saja dari keseluruhan kegiatan Public Relation yang sebenarnya. Menurut Scott M. Cutlip dan Allen H, Center, dalam Ruslan  (2005 : 6) “Public Relation merupakan fungsi manajemen yang me...