Inti tugas Public Relation adalah sinkornisasi antara informasi dari perusahan dengan reaksi dan tanggapan publik sehingga mencapai suasana akrab, saling mengerti, dan muncul suasana yang menyenangkan dalam interaksi perusaahaan dengan publik. Penyesuaian yang menciptakan hubungan yang harmonis dimana satu sama lain saling memberi dan menerima hal-hal yang bisa menguntungkan kedua belah pihak.(Suhandang : 2004 : 73)
Menurut Astrid S. Sutanto mengutip pendapat Cutlip & Center dalam Kusumastuti (2004 : 26) tugas Public Relation perusahaan adalah :
- Mendidik suatu publik melalui kegiatan non profit untuk menggunakan barang/jasa instansinya.
- Mengadakan usaha untuk mengatasi salah paham antara instansi dengan publik.
- Meningkatkan penjualan barang dan jasa.
- Meningkatkan kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan kegiatan masyarakat sehari-hari.
- Mendidik dan meningkatkan tuntutan serta kebutuhan masyarakat akan barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.
- Mencegah pergeseran penggunaan barang atau jasa yang sejenis dari pesaing perusahaan oleh konsumen
Seperti diketahui pelanggan merupakan orang yang paling penting karena dengan adanya pelanggan, Perusahan dapat menjalankan fungsinya. Tugas pokok dari Public Relation adalah :
- Mempersiapkan, wawancara pers dan publikasi lain
- Menyusun rancangan naskah pidato.
- Mempersiapkan presentasi pimpinan.
- Memberikan brosur, poster, dan majalah intern
Dengan menyadari bahwa pelanggan adalah raja, maka petugas Public Relation harus menyadari :
- Apa keinginan dari pelanggan
- Memberikan pelayanan yang baik, ramah, sopan agar mendapat penilaian yang positif dari pelanggan mengenai perusahaan tersebut.
- Menangani keluhan pelanggan :
- Mendengar dengan penuh perhatian
- Tidak menyalahkan pihak lain dan mengambil tanggung jawab dan inisiatif untuk membantu pelanggan.
- Mencatat apa yang diinginkan pelanggan.
- Memastikan bahwa anda tahu keinginan pelanggan.
- Memberikan bantuan pemecahan masalah
- Bagaimana menangani keluhan yang kronis dari pelanggan.
- Mengadakan pemufakatan dengan pelanggan
- Memberikan batas waktu tertentu.
- Mengadakan waktu istirahat.
- Mencari jalan keluar.
- Bagaimana menangani kritik dan saran dari pelanggan
- Mengadakan pemufakatan.
- Menanyakan kekurangan lainya (untuk perbaikan)
- Kritik yang membangun agar diterima.
- Mengadakan perbaikan bilamana diperlukan.
- Bagaimana menghadapi pelanggan yang marah.
- Dengan menenangkan diri sendiri.
- Membiarkan pelanggan melampiaskan kemarahanya
- Tunjukkan pengertian
- Mengulangi apa yang disampaikan
- Mengadakan pemufakatan atau menerima permintaanya.
- Mengahadapi dengan kebijaksanaanya.
- Mengulur waktu sampai yang bersangkutan tenang kembali.
Menyadari bahwa pelaksanaan kegiatan Public Relation tidak mudah karena menyangkut masyarakat luas dengan berbagai macam karakter, maka petugas Public Relation memiliki syarat-syarat sebagai berikut:
a. Syarat kepribadian
- Aktif dan kreatif
- Berpengalaman
- Sopan, ramah, dan simpatik
- Penuh pengertian
- Memiliki wawasan yang luas
- Berkepribadian yang kuat
- Punya referensi yang baik
b. Syarat fisik
- Kesehatan yang baik
- Mudah tersenyum
- Lancar berbicara
- Suara yang nyaring/merdu
c. Syarat mental
- Simpati, seksama dan waspada
- Punya rasa tanggung jawab
- Optimis, jujur dan percaya diri
d. Syarat karakter
- Setia dan rajin
- Teliti, tepat waktu
e. Syarat soial
- Pandai bergaul
- Toleran, mau bekerja sama.
Comments
Post a Comment