Skip to main content

Tugas-Tugas Public Relation

Inti tugas  Public Relation  adalah sinkornisasi  antara informasi dari perusahan dengan reaksi dan tanggapan publik sehingga mencapai suasana akrab, saling mengerti, dan muncul suasana yang menyenangkan dalam interaksi perusaahaan  dengan publik. Penyesuaian yang menciptakan hubungan yang harmonis dimana satu sama lain saling memberi dan menerima hal-hal yang bisa menguntungkan kedua belah pihak.(Suhandang : 2004 : 73) 

Menurut Astrid S. Sutanto mengutip pendapat Cutlip  & Center dalam  Kusumastuti (2004 : 26) tugas Public Relation perusahaan adalah : 
  1. Mendidik  suatu publik  melalui kegiatan non profit  untuk menggunakan barang/jasa instansinya. 
  2. Mengadakan usaha untuk mengatasi salah paham antara instansi dengan publik. 
  3. Meningkatkan penjualan barang dan jasa. 
  4. Meningkatkan kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan kegiatan masyarakat sehari-hari. 
  5. Mendidik dan meningkatkan tuntutan serta kebutuhan masyarakat akan barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. 
  6. Mencegah pergeseran penggunaan barang atau jasa yang sejenis dari pesaing perusahaan oleh konsumen 

Seperti diketahui pelanggan merupakan orang yang paling penting karena dengan adanya pelanggan, Perusahan dapat menjalankan fungsinya. Tugas pokok dari  Public Relation adalah : 
  1. Mempersiapkan, wawancara pers dan publikasi lain 
  2. Menyusun rancangan naskah pidato. 
  3. Mempersiapkan presentasi pimpinan. 
  4. Memberikan brosur, poster, dan majalah intern 

Dengan menyadari bahwa pelanggan adalah raja, maka petugas Public Relation harus menyadari : 
  1. Apa keinginan dari pelanggan 
  2. Memberikan pelayanan yang baik, ramah, sopan agar mendapat penilaian yang positif dari pelanggan mengenai perusahaan tersebut. 
  3. Menangani keluhan pelanggan : 
    • Mendengar dengan penuh perhatian 
    • Tidak menyalahkan pihak lain dan mengambil tanggung jawab dan inisiatif untuk membantu pelanggan. 
    • Mencatat apa yang diinginkan pelanggan. 
    • Memastikan bahwa anda tahu keinginan pelanggan. 
    • Memberikan bantuan pemecahan masalah 
  4. Bagaimana menangani keluhan yang kronis dari pelanggan. 
    • Mengadakan pemufakatan dengan pelanggan 
    • Memberikan batas waktu tertentu. 
    • Mengadakan waktu istirahat. 
    • Mencari jalan keluar. 
  5. Bagaimana menangani kritik dan saran dari pelanggan 
    • Mengadakan pemufakatan. 
    • Menanyakan kekurangan lainya (untuk perbaikan) 
    • Kritik yang membangun agar diterima.
    • Mengadakan perbaikan bilamana diperlukan.
  6. Bagaimana menghadapi pelanggan yang marah. 
    • Dengan menenangkan diri sendiri. 
    • Membiarkan pelanggan melampiaskan kemarahanya 
    • Tunjukkan pengertian 
    • Mengulangi apa yang disampaikan 
    • Mengadakan pemufakatan atau menerima permintaanya. 
    • Mengahadapi dengan kebijaksanaanya. 
    • Mengulur waktu sampai yang bersangkutan tenang kembali. 

Menyadari bahwa pelaksanaan kegiatan  Public Relation  tidak mudah karena menyangkut masyarakat luas dengan berbagai macam karakter, maka petugas Public Relation memiliki syarat-syarat sebagai berikut: 

a.  Syarat kepribadian 
  1. Aktif dan kreatif 
  2. Berpengalaman 
  3. Sopan, ramah, dan simpatik 
  4. Penuh pengertian 
  5. Memiliki wawasan yang luas 
  6. Berkepribadian yang kuat 
  7. Punya referensi yang baik 

b.  Syarat fisik 
  1. Kesehatan yang baik 
  2. Mudah tersenyum 
  3. Lancar berbicara 
  4. Suara yang nyaring/merdu 

c.  Syarat mental 
  1. Simpati, seksama dan waspada 
  2. Punya rasa tanggung jawab 
  3. Optimis, jujur dan percaya diri 

d.  Syarat karakter 
  1. Setia dan rajin 
  2. Teliti, tepat waktu 

e.  Syarat soial 


  1. Pandai bergaul 
  2. Toleran, mau bekerja sama. 

Comments

Popular posts from this blog

Ruang Lingkup Public Relation

Hubungan masyarakat atau yang sering disebut dengan humas dalam pelaksanaannya memiliki ruang lingkup yang wajib diketahui oleh para praktisi humas. Ruang lingkup humas diperlukan agar dalam menjalankan kewajibannya sebagai humas, seorang humas menyadari kedudukannnya serta apa saja yang menjadi wewenangnya. Karena tidak semua hal menjadi wewenang humas. Tapi ada pih a k lain juga yang terlibat. Jangan sampai ada pihak lain yang merasa terlangkahi oleh langkah seorang humas dalam menjalani ruang lingkup humas.  Untuk itu seorang humas baik sebagai akademisi maupun praktisi hendaknya memahami ruang lingkup humas. Ruang lingkup humas dapat dijadikan pedoman setiap kali ia merasa sudah mulai keluar dari jalurnya. Ruang lingkup tugas humas dalam suatu organisasi/lembaga dibagi menjadi dua   seperti yang dipaparkan Ruslan  (2012:23), yakni membina hubungan kedalam dan membina hub u ngan keluar. Membina hubungan ke dalam berarti pihak humas harus dapat membina komunikasi y...

Pengertian Public Relation Fungsi, Tugas dan Tujuan Definisi Menurut Para Ahli

Pengertian Public Relation  - Untuk mengetahui defines Public Relations, kita awali dari era  Ivi Lee pada tahun 1906. Ivi lee tercatat sebagai penyandang profesi public Relation Officer pertama di Amerika Serikat dan dengan keberhasilanya mengatasi berbagai persoalan krisis yang menimpa beberapa perusahaan di Amerika Serikat pada waktu itu melalui kiat dan  strategy of public relation tersebut, maka namanya diangkat sebagai “Bapak Hubungan Masyarakat” abad ini. Sejak saat itulah masyarakat menjadi tahu keberadaan dan manfaat profesi kehumasan melalui hasil karya gemilangnya di bidang Public Relation.(Ruslan : 2005 : 5) Banyak yang mengira bahwa Public Relation hanyalah kegiatan-kegiatan yang tampak, tetapi kenyataanya kegiatan yang tampak oleh publik justru hanya satu tahap saja dari keseluruhan kegiatan Public Relation yang sebenarnya. Menurut Scott M. Cutlip dan Allen H, Center, dalam Ruslan  (2005 : 6) “Public Relation merupakan fungsi manajemen yang me...